Antara Ikan Mujahir dan Ikan Nila

Banyak orang menganggap bahwa ikan nila sama dengan ikan mujair, dan ikan mujair sama dengan ikan nila. Memang juka dipandang sepintas tidak terlihat perbedaan yang ada pada ikan nila dan ikan mujair. Namun walaupun terlihat sama, ikan nila dan mujair adalah dua ikan yang berbeda. Jika kita perhatikan dengan teliti maka kita akan mengetahui dimana perbedaan antara kedua ikan tersebut.


Dengan mengamati gambar di atas, maka kita akan tahu dimana dan apa saja perbedaan antara ikan nila dan ikan mujair. Berikut adalah perbedaannya:
  1. Bila di perhatikan pipi nila akan lebih bersih dari pada mujair yang terlihat bertotol.
  2. Pada bagian sirip, ikan mujair mempunyai sirip punggung dan belakang yang ujungnya berwarna kemerahan sedangkan nila tidak.
  3. Mulut ikan mujair lebih besar dari pada nila.
  4. Ukuran tubuh ikan nila lebih besar dan lebar dibanding ikan mujair.
Orang awam di dunia perikanan terkadang mengalami kesulitan dalam membedakan kedua ikan air tawar tersebut, dan mungkin artikel ini dapat membantu dalam mendapatkan informasi mengenaik ikan nila dan mujair. Ikan nila sendiri lebih banyak dipilih untuk dibudidayakan karena memang akan mendatangkan keuntungan yang lebih besar dibandingkan dengan membudidayakan ikan mujair. Ikan nila akan tumbuh lebih cepat dan mempunyai ukuran tubuh dan bobot yang lebih besar.
Share on Google Plus

About azolla magelang

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar